Penyebab Benjolan Di Ketiak Dan Pengobatannya

Benjolan Di Ketiak

Benjolan di ketiak merupakan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening yang di sekitar ketiak kanan ataupun dibagian kiri. Pada umumnya Benjolan di ketiak memang harus diwaspadai, selain karena mengganggu aktivitas, bisa juga adanya indikasi karena penyakit tumor atau kanker ganas.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab timbulnya Benjolan Di Ketiak :

  • Infeksi Virus dan bakteri

AIDS, cacar air, herpes zoster juga dapat menyebabkan benjolan pada ketiak. Bakteri tersebut bisa masuk setelah anda menggaruk pada bagian ketiak atau ketika sedang mencukur bulu ketiak dengan tidak memperhatikan kebersihan. Jika di biarkan akan menjadi infeksi yang dapat menyebabkan gumpalan nanah.

  • Kista

Merupakan benjolan yang muncul pada kulit ketiak yang di sebabkan oleh rambut ketiak yang tumbuh kedalam bisa juga karena menggunakan antiperspirant. Penyakit kista ini sering menyerang remaja yang baru mulai mencukur rambut ketiak.

  • Kanker

Untuk wanita, benjolan di ketiak jangan di angggap remeh. Kanker payudara bisa menjadi penyebab terjadinya benjolan di ketiak. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan yang tidak normal jaringan payudara.

  • Alergi

Alergi pada obat-obatan dapat menyebabkan kelenjar getah bening di ketiak, seperti alergi terhadap yodium,penisilin, sulfa dan obat-obatan lainya.
Lebih baik segera melakukan pengobatan jika anda menemukan benjolan di daerah ketiak, jangan sampai menunggu berkembang dan menjadi besar karena berpeluang menjadi kanker ganas. Pada kondisi tersebut sangat memungkinkan sel tumor dan kanker untuk tumbuh dan menyebar.

Bagaimana cara mengatasi benjolan di ketiak ?

  • Mengkompres dengan air hangat

karena suhu panas membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ukuran benjolan dan meringankan rasa nyeri. Hal ini dapat dilakukan selama 5 sampai 10 menit.

  • Vitamin E

Usapkan Vitamin E pada benjolan dengan aturan pakai 2 – 3 kali sehari. Vitamin E dapat mengurangi pembengkakan dan mencegah penumpukan cairan pada kelenjar getah bening.

  • Madu

Oleskan madu ke daerah benjolan dan biarkan selama 10 menit sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat dengan aturan pakai 2-3 kali sehari. Madu dapat membantu mengatasi benjolan pada ketiak, madu dapat membantu meringankan rasa sakit dan meringankan pemembengkakan dari iritasi.

  • Kunyit

Tumbuk kunyit sampai halus lalu oleskan ke daerah benjolan, tunggu selama 10 menit samapai kering, kemudian bilas dengan air hangat dengan aturan pakai 2-3 kali sehari. Kunyit mengandung anti-biotik, anti-bakteri dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *